SIM MAKALAH + PPT HIRS
download power point di bawah ini :
https://docs.google.com/presentation/d/1Iz673EeDt2vMk2CSDG4ASFZovUB9SurXJ5G0gnBcTMM/edit?usp=sharing
dokumen word :
https://docs.google.com/document/d/1hCnSbsB7OXEb1rXwH9K2ZiKF0reXrhF_z9nZN4euimI/edit?usp=sharing
https://docs.google.com/presentation/d/1Iz673EeDt2vMk2CSDG4ASFZovUB9SurXJ5G0gnBcTMM/edit?usp=sharing
dokumen word :
https://docs.google.com/document/d/1hCnSbsB7OXEb1rXwH9K2ZiKF0reXrhF_z9nZN4euimI/edit?usp=sharing
MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
HIRS (Human
Resource Information System)
DISUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
DI SUSUN
OLEH :
Nama : Widi Lestari
Nim : 11160731
Dosen : Septia Lutfi, S.Kom,M.Kom
S-1 AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BANK BPD JATENG
TAHUN AJARAN 2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
haturkan ke hadirat Tuhan YME, karena dengan karunia-Nya kami dapat
menyelesaiakan makalah yang berjudul “HRIS(human resource information system)”. Meskipun banyak hambatan yang kami alami dalam proses
pengerjaannya, tapi kami berhasil menyelesaikan makalah ini tepat pada
waktunya.
Tidak lupa kami
sampaikan terimakasih kepada kewirausahaan 2 yang telah membantu dan membimbing
kami dalam mengerjakan makalah ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada
teman-teman mahasiswa yang juga sudah memberi kontribusi baik langsung maupun
tidak langsung dalam pembuatan makalah ini.
Tentunya ada
hal-hal yang ingin kami berikan kepada teman-teman atas makalah yang kami buat
ini. Karena itu kami berharap semoga makalah ini dapat menjadi sesuatu yang
berguna bagi kita bersama.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Setiap perusahaan besar pastilah
memiliki sistem informasi sumber daya manusia (human resource
information system) atau HRIS. Walaupun demikian nampaknya manajemen
puncak kurang menekankan HRIS. Namun, peraturan pemerintah yang bertujuan
memastikan persamaan dalam praktek personil perusahaan, mendesak manajemen
puncak untuk memberikan perhatian yang layak pada HRIS. Menikmati status yang
baru, HRIS mulai bermigrasi dari SI ke SDM, dengan memanfaatkan teknologi
computer mikro.
HRIS telah melalui jalan yang
panjang pada decade yang alu, dan banyak eksekutif yang sekarag memandangnya sama
berharga dengan system informasi fungsional lain.
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia. Tiap perusahaan
memiliki system untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber
daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan
informasi itu kepada pemakai. Sistem ini dinamakan sistem manajemen sumber daya
manusia (human resource information system) atau HRIS. Sistem Informasi Sumber
Daya Manusia (SISDM/HRIS) merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara
bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi.
sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya
mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas MSDM
seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam
serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi
perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).
Secara keseluruhan sistem ERP
bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang
berbeda ke dalam satu sistem basisdata yang bersifat universal. Keterkaitan
dari modul kalkulasi finansial dan modul MSDM melalui satu basisdata yang sama
merupakan hal yang sangat penting yang membedakannya dengan bentuk aplikasi lain
yang pernah dibuat sebelumnya, menjadikan aplikasi ini lebih fleksibel namun
juga lebih kaku dengan aturan-aturannya.
B. Rumusan
Masalah
·
Apakah pengertian HRIS ?
·
Apakah fungsi HRIS ?
·
Aplikasi apakah yang digunakan HRIS ?
·
Bagaimanakah output HRIS ?
·
Apakah output HRIS ?
·
Bagaimanakah obyek HRIS ?
C. Tujuan
·
Mengetahui pengertian HRIS
·
Menjelaskan fungsi HRIS
·
Aplikasi yang digunakan HRIS
·
Memahami output HRIS
·
Mengetahui tentang output HRIS
·
Mengetahui obyek HRIS
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian HRIS
HRIS merupakan salah satu sistem
informasi terpenting yang ada di dalam sebuah perusahaan. Human Resources
Information System (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir
tatakelola dan tatalaksana manajemen SDM di perusahaan guna mendukung proses
pengambilan keputusan atau biasa disebut dengan Decision Support System, yang
menyediakan berbagai informasi yang diperlukan.
HRIS adalah sebuah bentuk
interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM)
dan teknologi informasi. Sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin
yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam
aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem
pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan
terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource
planning (ERP).
Human Resources Information System
(HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tatakelola dan
tatalaksana manajemen SDM di perusahaan guna mendukung proses pengambilan
keputusan atau biasa disebut dengan Decision Support System dengan menyediakan
berbagai informasi yang diperlukan. Pengertian menurut wikipedia.com, yang
dimaksud HRIS adalah sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu
manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. sistem ini
menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang
teknologi informasi ke dalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal
perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian
langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan
sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP). Secara keseluruhan
sistem ERP bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari
aplikasi-aplikasi yang berbeda ke dalam satu sistem basisdata yang bersifat
universal. Keterkaitan dari modul kalkulasi finansial dan modul MSDM
melalui satu basisdata yang sama merupakan hal yang sangat penting yang
membedakannya dengan bentuk aplikasi lain yang pernah dibuat sebelumnya,
menjadikan aplikasi ini lebih fleksibel namun juga lebih kaku dengan
aturan-aturannya.
Mengukur Efektivitas HRIS
Evaluasi harus menentukan apakah
atau tidak HRIS telah dilakukan sampai dengan harapan dan jika HRIS sedang
digunakan untuk keuntungan penuh Byars amp Rue . Salah satu tantangan yang
paling signifikan yang dihadapi oleh eksekutif personel publik saat ini adalah
mengukur kinerja sistem informasi sumber daya manusianya HRIS Dalam rangka
untuk membenarkan nilai tambah kontribusi HRIS untuk mencapai misi organisasi
Hagood amp Friedman . Melaksanakan program HRIS mungkin tampak batang yang
diperlukan untuk sebuah perusahaan tetapi jika itu akan menjadi alat yang
efektif untuk operasi HR itu tidak akan membantu meningkatkan efisiensi dan
dapat menghalangi gantinya. Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem HRIS
adalah Toshiba America Medical Systems Inc TAMS . TAMS menempatkan semua secara
online imbalan kerja informasi dan menciptakan pilihan pendaftaran terbuka
ketika TAMS mengubah penyedia layanan kesehatan. Hampir segera setelah
meluncurkan portal UltiPro baru teknologi HRIS kepada karyawan TAMS mulai
melihat perbaikan dengan peningkatan perkiraan dalam efisiensi membuka
pendaftaran Wojcik . Dengan menentukan efisiensi dari program baru TAMS mampu
menyadari manfaat dari sistem HRIS yang baru.
Keamanan HRIS
Privasi informasi karyawan telah
menjadi isu utama dalam beberapa tahun terakhir. Dengan pencurian identitas
menjadi masalah umum karyawan menjadi lebih sensitif tentang siapa yang melihat
informasi pribadi mereka dan keamanan itu tetap masuk Dengan membuat informasi
karyawan yakin bahwa disimpan dalam HRIS yang relevan dengan perusahaan dan
memastikan ada terbatas akses proteksi password untuk informasi tersebut
perusahaan dapat membuat karyawan yang lebih aman dengan keamanan informasi
mereka. Entah elektronik atau kertas file karyawan layak diperlakukan dengan
hati-hati. Menetapkan hak keamanan dan pengguna akhir panggilan untuk
keseimbangan menggabungkan pengetahuan kebijakan SDM sistem dan sehari-hari
operasi O Connell .
Salah satu perusahaan yang menghadapi masalah keamanan
utama adalah CS Stars LLC. CS Bintang track hilang dari salah satu komputer
yang yang berisi informasi pribadi yang mencakup nama alamat dan nomor jaminan
sosial dari kompensasi pekerja. Masalah yang lebih besar adalah bahwa CS Stars
gagal untuk memberitahu konsumen yang terkena dampak dan karyawan tentang
komputer hilang. Meskipun komputer telah diambil dan tidak ada informasi yang
tampaknya telah dirugikan banyak karyawan kehilangan rasa aman dengan
perusahaan. Keamanan Informasi New York Pelanggaran dan Hukum Pemberitahuan
efektif pada bulan Desember mengharuskan bisnis yang mempertahankan data yang
terkomputerisasi yang mencakup informasi pribadi untuk memberitahu pemilik
informasi dari setiap pelanggaran keamanan sistem penemuan segera berikut jika
informasi pribadi adalah atau cukup diyakini telah diakuisisi oleh seseorang
tanpa otorisasi yang sah Cadrain .
Perusahaan lain yang mengalami pelanggaran keamanan
adalah Ameriprise Financial. Pada akhir sebuah komputer yang berisi informasi
pribadi pada klien dan karyawan dicuri. Karena banyak karyawan di Ameriprise
mengambil komputer mereka antara pekerjaan dan rumah perusahaan ditentukan ada
kebutuhan untuk menempatkan keamanan lebih ke komputer-komputer. Ameriprise
memastikan semua karyawan memiliki suite keamanan baru diinstal pada komputer
mereka. Dengan cepat menanggapi kebutuhan untuk keamanan yang lebih Ameriprise
memastikan semua informasi yang disimpan aman. Membuat informasi bahwa karyawan
disimpan sebagai aman mungkin akan ada lebih percaya pada perusahaan dan
karyawan HR yang bekerja dengan informasi tersebut.
B. Fungsi
HRIS
Fungsi dari HRIS itu antara lain adalah sebagai
berikut :
1. Perekrutan dan Penerimaan (Recruiting and Hiring)
SDM membantu menerima pegawai baru
ke dalam perusahaan. SDM selalu mengikuti perkembangan terakhir dalam peraturan
pemerintah yang mempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk
menentukan kebijakan yang sesuai.
2. Pendidikan dan Pelatihan
Selama periode kepegawaian
seseorang, SDM dapat mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang
diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai.
3. Manajemen Data
Proses pengelolaan data sehingga
dapat digunakan sebagai sumber (informasi/analisis) yang dapat dipercaya untuk
perorangan/umum.
4. Penghentian dan Admistrasi Tunjangan
Selama seseorang diperkerjakan oleh
perusahaan mereka menerima paket tunjangan. Setelah penghentian, SDM mengurus
program pensiun perusahaan bagi mantan pegawai yang berhak.
5. Perencanaan Karir (Career Planning)
Bertanggung jawab atas pengelolaan,
perencanaan dan jenjang karir bagi seluruh anggota organisasi. Fungsi ini menjawab
setiap pegawai memiliki jalur karir menurut tugas, tanggung jawab, dan
kompetensi yang ia miliki. Mengacu kepada kondisi jangka panjang, karir setiap
pegawai akan ditentukan oleh kelompok kerja di mana masing-masing pegawai
bekerja (vertical path), namun dengan mempertimbangkan besarnya organisasi
masing-masing, penyeberangan karir dari setiap kelompok tidak dapat dihindarkan
(cross functhin career path) atau bahkan berpindah dari satu kelompok ke
kelompok lainnya (horizontal carreer path).
6. Hubungan Karyawan (Employee Relations)
Berfungsi sebagai internal PR bagi
setiap kebutuhan pegawai terhadap informasi, kebijakan dan peraturan
perusahaan. Fungsi ini juga penting untuk menggali input-input dari pegawai
mengenai berbagai aspek dalam organisasi.
7. Separation Management
Berfungsi untuk mengelola seluruh
tindakan pemutusan hubungan kerja dalam organisasi banyak yang disebabkan
karena normal separation (pensiun, habisnya masa kontrak, atau meninggal),
forced separation (indisipliner, dll), atau early retirement (pensiun sebelum
masanya).
8. Personnel Administration and HRIS
Biasa dikenal dengan Personalia atau
Kepegawaian adalah fungsi yang mendukung terlaksananya fungsi HR yang lain.
Secara umum fungsi ini bertanggung jawab terhadap Employee Database, Payroll
dan pembayaran benefit lainnya, pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti
tahunan.
C. Aplikasi
yang digunakan untuk HRIS
Macam-macam Aplikasi yang digunakan untuk Human
Resources Information System adalah :
1. Employee Database Management
Database Management System (DBMS)
adalah seperangkat program komputer yang mengendalikan pembuatan, pemeliharaan,
dan penggunaan database. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menempatkan
kontrol terhadap pembangunan database di tangan administrator database (DBAs)
dan spesialis lainnya. Sebuah DBMS adalah perangkat lunak sistem paket yang
membantu penggunaan koleksi terpadu dari catatan data dan file yang dikenal
sebagai database. Hal ini memungkinkan program aplikasi user yang berbeda untuk
dengan mudah mengakses database yang sama. DBMSs dapat menggunakan salah satu
dari berbagai model database, seperti model jaringan atau model relasional.
Dalam sistem yang besar, sebuah DBMS memungkinkan pengguna dan perangkat lunak
lain untuk menyimpan dan mengambil data dengan cara terstruktur.
2. Performance Management
3. Recruitment Database Integrated System
Rekrutmen (recruitment) dapat
diartikan sebagai suatu proses untuk mendapatkan calon karyawan yang memiliki
kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan suatu organisasi /
perusahaan.Prosesnya dimulai dari penetapan kualifikasi calon karyawan yang
dibutuhkan, mencari resource, mengumpulkan surat lamaran dan dokumen-dokumen
yang dibutuhkan dan diakhiri dengan mengumpulkan orang-orang yang tertarik
dengan pekerjaan yang lowong. Recruitment Database Integrated System
dikembangkan dengan tampilan menu mencakup semua proses rekrutmen dan seleksi
yang dilakukan oleh perusahaan. Walaupun alur proses di masing-masing
perusahaan dapat berbeda, namun aplikasi software ini dibangun
secara”fleksible” mengikuti proses bisnis yang ada dalam perusahaan.
4. Competency Based Integrated System
5. Talent Management Integrated System
Talent management meliputi
pengembangan individu dan organisasi di dalam menjawab perubahan dan
kompleksitas lingkungan operasi. Aktivitas dalam talen management termasuk
menciptakan dan mempertahankan budaya organisasi yang mendukung (support) dan
berorientasi pada orang (people oriented).
6. Compensation & Benefit Management System
Karakteristik informasi yang dipersiapakan dalam
Sistem Informasi Sumber daya Manusia adalah:
·
Timely (tepat waktu)
·
Accurate (akurat)
·
Concise (ringkas)
·
Relevant (relevan)
·
Complete (lengkap)
D. Output
HRIS
Output HRIS terdiri atas 6 subsistem yaitu :
1. Subsistem Perencanaan Kerja
Merupakan informasi yang dibutuhkan
oleh manajer atas untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja dalam jangka pendek
dan jangka panjang. Informasi ini meliputi informasi untuk analisis perputaran
tenaga kerja (turn over), anggaran biaya tenaga kerja dan perencanaan tenaga
kerja itu sendiri.
2. Subsistem Perekrutan
Merupakan informasi-informasi yang
dibutuhkan untuk pengadaan tenaga kerja secara eksternal maupun internal.
Informasi-informasi ini diantaranya adalah informasi pasar tenaga kerja,
penjadwalan wawamcara, perekrutan dan analisis rekruitmen.
3. Subsistem Manajemen Angkatan Kerja
Merupakan informasi±informasi yang
dibutuhkan untuk mengelola sumber daya manusia di dalam organisasi. Informasi±
informasi ini meliputi informasi pelatihan, penilaian atau evaluasi kerja,
evaluasi keahlian, karir, realokasi jabatan, suksesi, dan kedisiplinan.
4. Subsistem Tunjangan
Merupakan informasi tentang
penggajian dan kompensasinya yang meliputi kehadiran dan jam kerja, perhitungan
gaji dan bonus, analisis kompensasi dan perencanaan kompensasi.
5. Subsistem Benefit
Meliputi benefit yang diterima oleh
karyawan.Benefit berbeda dengan kompensasi. Kompensasi lebih ke insentif yang
dihubungkan dengan kinerja karyawannya, sedang benefit lebih ke manfaat
tambahan yang diterima karyawan sepeti dana pensiun.
6. Subsistem Pelapor Lingkungan
Informasi-informasi ini berhubungan
dengan keluhan-keluhan, kecelakaan selam kerja, kesehatan karyawan dan
lingkungan kerjanya.
E. Model
HRIS
Model HRIS meliputi tiga subsistem input :
·
SIA (Sistem Informasi Akuntansi).
Menyediakan
data personil yang berkaitan dengan keuangan.
·
Penelitian Sumber Daya Manusia.
Berfungsi
untuk mengumpulkan data melalui proyek penelitian khusus. Contoh
·
Penelitian Suksesi (succession study).Ø
Analisis dan
evaluasi jabatan (job analysis and evaluation).Ø
·
Penelitian keluhangrievance studies)Ø
·
Inteligen Sumber Daya Manusia.
Berfungsi
mengumpulkan data yang berhubungan dengan sumber daya manusia dari lingkungan
perusahaan yang meliputi :
ü Inteligen
PemerintahØ
ü Inteligen
PemasokØ
ü Inteligen
Serikat PekerjaØ
ü Inteligen
Masyarakat globalØ
ü Inteligen
masyarakat KeuanganØ
ü Inteligen
PesaingØ
Kemudian dari model subsistem input HRIS dimasukkan ke
dalam suatu database yang telah dirancang oleh perusahaan tersebut. Database
HRIS bukan hanya data mengenai pegawai tetapi juga mengenai perorangan dan
organisasi dilingkungan perusahaan yang mempengaruhi arus personil.
F. Obyek
HRIS
Obyek SDM yang diaudit
Aspek SDM yang dapat diaudit cukup luas,
karena SDM itu sendiri mencakup fungsi perencanaan, fungsi pengembangan, fungsi
pemeliharaan, fungsi informasi, fungsi penghargaan dan penghukuman, serta
fungsi peningkatan kinerja. Dengan demikian jika dirinci, obyek yang dapat
diaudit adalah sebagai berikut :
Ø Fungsi
Perencanaan : Manpower Planning, Manpower Recruitment, Manpower Fulfillment,
Sourcing Candidate.
Ø Fungsi
Pengembangan : Training, Development, Coaching, Mentoring.
Ø Fungsi
Informasi & Teknologi : Personnel Data base, Sistem Informasi Manajemen SDM
(HRIS).
Ø Fungsi
Pemerliharaan : Industrial Relation, Corporate Social Responsibility.
Ø Fungsi
Penghargaan dan Penghukuman : Compensation & Benefit, Reward, Termination,
Punishment.
Ø Fungsi
Peningkatan kinerja : Performance Management System, Pay for Performance.
Dari aspek diatas, kebanyakan masih berkutat dalam hal
sistem dan prosedur dimana aspek ini sering disebut sebagai sisi Hard
Capabilities Organisasi. Perkembangan selanjutnya yang bisa menjadi
pertimbangan audit, adalah juga mengaudit aspek Soft Organisasi, antara lain :
v Budaya
Organisasi,
v Audit
competency staff SDM,
v Audit
kepuasan terhadap fungsi SDM.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
HRIS merupakan salah satu sistem
informasi terpenting yang ada di dalam sebuah perusahaan. Human Resources Information
System (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tatakelola
dan tatalaksana manajemen SDM di perusahaan guna mendukung proses pengambilan
keputusan atau biasa disebut dengan Decision Support System, yang menyediakan
berbagai informasi yang diperlukan.
Human Resources Information System
(HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tatakelola dan
tatalaksana manajemen SDM di perusahaan guna mendukung proses pengambilan
keputusan atau biasa disebut dengan Decision Support System dengan menyediakan
berbagai informasi yang diperlukan. Pengertian menurut wikipedia.com, yang
dimaksud HRIS adalah sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu
manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. sistem ini menggabungkan
MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi
informasi ke dalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan
menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang
terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya
perusahaan/enterprise resource planning (ERP). Secara keseluruhan sistem ERP
bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang
berbeda ke dalam satu sistem basisdata yang bersifat
universal. Keterkaitan dari modul kalkulasi finansial dan modul MSDM
melalui satu basisdata yang sama merupakan hal yang sangat penting yang
membedakannya dengan bentuk aplikasi lain yang pernah dibuat sebelumnya,
menjadikan aplikasi ini lebih fleksibel namun juga lebih kaku dengan
aturan-aturannya.
Daftar
Pustaka
•
Iswanti, 2005. Sistem Informasi dari konsep
dasar menuju pengadaannya
•
Tanjung. 2006.Sistem Informasi Sumber Daya Manusia.
Jakarta. PT Grasindo
Komentar
Posting Komentar