SOAL – SOAL SEPUTAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

NAMA           : WIDI LESTARI
NIM                : 11160731
PENDIDIKAN : S1 – STIE BANK BPD JATENG
 


TUGAS SIM
SOAL – SOAL SEPUTAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  
1.      Apa yang kamu ketahui tentang SIM? Dan mengapa SIM sangat berperan penting dalam sebuah manajemen? 
Jawab
Management Information System / MIS merujuk kepada suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan suatu alat bagi manajer untuk menyusun, mengevaluasi, dan mengelola berbagai departemen dalam organisasi secara efisien. Sistem informasi manajemen menitikberatkan pada informasi untuk suatu keputusan terstruktur atau informasi yang dapat diantisipasi. Hal tersebut mungkin tampak sederhana, tetapi sebenarnya menyediakan informasi untuk membantu manajer-manajer membuat keputusan-keputusan adalah tugas yang sangat sulit dan kompleks. Sistem informasi manajemen memainkan peranan penting dalam penyusunan rencana strategis, pembuatan keputusan, dan pengontrolan kegiatan-kegiatan untuk dapat mengukur tingkat keberhasilannya.
Sistem informasi adalah suatu sistem untuk mengelola suatu data atau laporan yang diperlukan.
Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi karena sistem informasi berperan dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi



2.      Apakah perbedaan antara area bisnis dengan fungsi manajemen ?
Jawab :
Ø  Area bisnis : tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut Pekerjaan yang dilakukan.
Ø  Fungsi manajemen : semua manajer apapun tingkatan / area bisnisnya melakukan fungsi-fungsi manajemen.
Ø  Apa saja 3 kelompok peran manajerial yang Mintzberg nyatakan?
Jawab :
– Aktivitas antar pribadi
– Informasi
– Keputusan


3.      Apa Manfaat Sistem Informasi Manajemen dimata Manajer tingkat bawah ?
Jawab :
Ø  Mendapatkan Informasi data operasi
Ø  Membantu perencanaan
Ø  Penjadwalan
Ø  Mengetahui situasi yang tak terkendali
Ø  Mengambil keputusan

4.      Gambarkan dan Jelaskan Proses-proses Manajemen
Jawab:
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
  • Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
  • Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.


5.       Jelaskan keterkaitan Sistem Informasi Manajemen dengan Teknologi Informasi!
Jawab:
Sistem Informasi Manajemen tidaklah terlepas dari penggunaan Teknologi Informasi. Dengan adanya Teknologi Informasi menjadikan Sistem Informasi Manajemen berjalan dengan lancar, karena adanya saling keterkaitan antara pengelolaan organisasi dengan sistem teknologi informasi. Semakin berkembangnya Teknologi Informasi, maka akan semakin menunjang kemudahan dalam pengorganisasian dan memanajemen suatu perusahaan. Teknologi Informasi bisa mengantarkan informasi yang akurat dan tersusun secara baik.


6.      Bagaimana sebuah Sistem Informasi Manajemen dapat digunakan sebagai pengambil keputusan?
Jawab:
Informasi mengandung suatu arti yaitu data yang sudah diolah ke dalam suatu bentuk yang lebih memiliki arti dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Data sendiri merupakan fakta-fakta yang mewakili suatu keadaan, kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik organisasi. Data tidak dapat langsung digunakan untuk pengambilan keputusan, melainkan harus diolah lebih dahulu agar dapat dipahami, lalu dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan.

7.      Jika sistem informasi semakin banyak mendukung bisnis dan menghadirkan berbagai platform baru yang semakin canggih, apa tantangan untuk organisasi bisnis itu sendiri ?
Jawaban:
Tantangan organisasi bisnis:
1. Harus selalu mengikuti perkembangan sistem informasi Mengapa ? supaya tidak tertinggal dengan para kompetitor yang selalu mengikuti perkembangan sistem informasi, supaya lebih mendukung bisnis yang dijalankan.

2. Harus selalu update mengenai kemajuan sistem informasi
Banyak platform baru yang semakin canggih pun bermunculan, untuk pengembangan bisnis yang lebih luas maka diperlukan suatu sistem informasi yang terbaru atau tercanggih untuk mengantisipasi adanya kesalahan yang terdapat di sistem informasi yang telah usang.
3. Selektif dalam memilih platform
Dengan sistem informasi yang semakin banyak mendukung bisnis serta menghasilkan platform baru yang semakin canggih, membuat organisasi bisnis harus selektif dalam memilih plaform yang sesuai dengan kegiatan bisnisnya
4. Meningkatkan kinerja para spesialis dibidang sistem informasi
Beberapa tahun yang lalu, para ahli dibidang sistem informasi mungkin belum menemukan hubungan antara teknologi dan bisnis atau manajemen. Tetapi tahun-tahun belakangan ini, para ahli sistem informasi sudah memikirkan adanya manfaat yang besar jika sistem informasi dijadikan sebagai bagian dari bisnis dan manajemen, sehingga banyak bisnis sekarang ini yang sudah menggunakan sistem informasi.


8.      Mengapa perusahaan besar harus memiliki sistem informasi kolaborasi ? Dari pandangan karyawan dan manager.
Jawaban:
1. Dari pandangan karyawan
Dapat membantu kinerja karyawan, karena dengan adnaya sistem informasi kolaborasi karyawan akan lebih mudah kinerjanya diperusahaan.
Mempermudah hubungan antar karyawan, misalkan satu karyawan dengan karyawan yang lain jarak lokasinya jauh walaupun masih dalam satu perusahaan, sehingga kolaborasinya atau kerja samanya akan menjadi lebih efektif dan efisien serta menghemat waktu kerjanya.
2. Dari pandangan manager
Membantu kinerja manager, manager bertugas untuk mengawasi kinerja karyawannya, sehingga saat terdapat kendala (masalah) dalam pekerjaannya, manager bisa langsung membenahi kinerja karyawannya.
Memperluas jaringan komunikasi bisnisnya, maksudnya adalah manager itu perlu banyak komunikasi atau kerja sama denggan manager di divisi yang lain, supaya lebih efektif dan efisien dalam pengembangan bisnisnya dan melancarkan bisnis di perusahaannya.






Komentar

  1. saya mau tanya bang !

    Apabila anda adalah seorang perancang sistim informasi manajemen (SIM) sebuah perusahaan produksi spare part mobil, coba jelaskan langkah-langkah apa yang dibutuhkan untuk merancangnya dan jelaskan kebutuhan SI dan TI apa saja yang diperlukan, berikan gambaran tentang pemodelan sistemnya.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. makasih kak artikelnya bermanfaat untuk tugas kuliah saya suses selalu kakk
    kenalkan saya Deska Endriani dari ISB Atmaluhur

    BalasHapus
  4. Jika menjadi seorang manager keputusan yang bagaiamana yang akan diambil jika perusahaan terdampak buruk terhadap kejahatan sistem, apakah masih tetap menggunakan sistem tsb?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI - KISI UTS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

MAKALAH MANAJEMEN MODERN