SOAL – SOAL SEPUTAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
NAMA : WIDI LESTARI
NIM :
11160731
PENDIDIKAN
: S1 – STIE BANK BPD JATENG
TUGAS SIM
SOAL – SOAL SEPUTAR SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN
1. Apa yang
kamu ketahui tentang SIM? Dan mengapa SIM sangat berperan penting dalam sebuah
manajemen?
Jawab
Management Information System / MIS merujuk kepada suatu sistem berbasis
komputer yang menyediakan suatu alat bagi manajer untuk menyusun, mengevaluasi,
dan mengelola berbagai departemen dalam organisasi secara efisien. Sistem
informasi manajemen menitikberatkan pada informasi untuk suatu keputusan
terstruktur atau informasi yang dapat diantisipasi. Hal tersebut mungkin tampak
sederhana, tetapi sebenarnya menyediakan informasi untuk membantu
manajer-manajer membuat keputusan-keputusan adalah tugas yang sangat sulit dan
kompleks. Sistem informasi manajemen memainkan peranan penting dalam penyusunan
rencana strategis, pembuatan keputusan, dan pengontrolan kegiatan-kegiatan
untuk dapat mengukur tingkat keberhasilannya.
Sistem informasi adalah suatu sistem untuk mengelola suatu data atau
laporan yang diperlukan.
Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah
organisasi karena sistem informasi berperan dalam menunjang kegiatan bisnis
operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang
keunggulan strategi kompetetif organisasi
2. Apakah perbedaan antara area bisnis dengan fungsi
manajemen ?
Jawab :
Ø
Area
bisnis : tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut Pekerjaan yang
dilakukan.
Ø
Fungsi
manajemen : semua manajer apapun tingkatan / area bisnisnya melakukan
fungsi-fungsi manajemen.
Ø
Apa saja 3
kelompok peran manajerial yang Mintzberg nyatakan?
Jawab :
Jawab :
–
Aktivitas antar pribadi
–
Informasi
–
Keputusan
3.
Apa Manfaat Sistem
Informasi Manajemen dimata Manajer tingkat bawah ?
Jawab
:
Ø Mendapatkan Informasi data operasi
Ø Membantu perencanaan
Ø Penjadwalan
Ø Mengetahui situasi yang tak terkendali
Ø Mengambil keputusan
4.
Gambarkan dan
Jelaskan Proses-proses Manajemen
Jawab:
Proses manajemen didefinisikan sebagai
aktivitas-aktivitas:
- Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
- Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
- Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
5.
Jelaskan
keterkaitan Sistem Informasi Manajemen dengan Teknologi Informasi!
Jawab:
Sistem Informasi Manajemen tidaklah terlepas dari penggunaan Teknologi
Informasi. Dengan adanya Teknologi Informasi menjadikan Sistem Informasi
Manajemen berjalan dengan lancar, karena adanya saling keterkaitan antara
pengelolaan organisasi dengan sistem teknologi informasi. Semakin berkembangnya
Teknologi Informasi, maka akan semakin menunjang kemudahan dalam
pengorganisasian dan memanajemen suatu perusahaan. Teknologi Informasi bisa
mengantarkan informasi yang akurat dan tersusun secara baik.
6. Bagaimana sebuah Sistem Informasi Manajemen dapat
digunakan sebagai pengambil keputusan?
Jawab:
Informasi mengandung suatu arti yaitu data yang sudah diolah ke dalam suatu
bentuk yang lebih memiliki arti dan dapat digunakan untuk pengambilan
keputusan. Data sendiri merupakan fakta-fakta yang mewakili suatu keadaan,
kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik
organisasi. Data tidak dapat langsung digunakan untuk pengambilan keputusan,
melainkan harus diolah lebih dahulu agar dapat dipahami, lalu dimanfaatkan
dalam pengambilan keputusan.
7.
Jika sistem informasi semakin banyak mendukung
bisnis dan menghadirkan berbagai platform baru yang semakin canggih, apa
tantangan untuk organisasi bisnis itu sendiri ?
Jawaban:
Tantangan organisasi bisnis:
1. Harus selalu mengikuti
perkembangan sistem informasi Mengapa ? supaya tidak tertinggal dengan
para kompetitor yang selalu mengikuti perkembangan sistem informasi,
supaya lebih mendukung bisnis yang dijalankan.
2. Harus selalu update mengenai
kemajuan sistem informasi
Banyak platform baru yang semakin
canggih pun bermunculan, untuk pengembangan bisnis yang lebih luas maka
diperlukan suatu sistem informasi yang terbaru atau tercanggih untuk
mengantisipasi adanya kesalahan yang terdapat di sistem informasi yang telah
usang.
3. Selektif dalam memilih platform
Dengan sistem informasi yang semakin
banyak mendukung bisnis serta menghasilkan platform baru yang semakin canggih,
membuat organisasi bisnis harus selektif dalam memilih plaform yang sesuai
dengan kegiatan bisnisnya
4. Meningkatkan kinerja para
spesialis dibidang sistem informasi
Beberapa tahun yang lalu, para ahli
dibidang sistem informasi mungkin belum menemukan hubungan antara teknologi dan
bisnis atau manajemen. Tetapi tahun-tahun belakangan ini, para ahli sistem
informasi sudah memikirkan adanya manfaat yang besar jika sistem informasi
dijadikan sebagai bagian dari bisnis dan manajemen, sehingga banyak bisnis
sekarang ini yang sudah menggunakan sistem informasi.
8.
Mengapa perusahaan besar harus memiliki sistem
informasi kolaborasi ? Dari pandangan karyawan dan manager.
Jawaban:
1. Dari pandangan karyawan
Dapat membantu kinerja karyawan,
karena dengan adnaya sistem informasi kolaborasi karyawan akan lebih mudah
kinerjanya diperusahaan.
Mempermudah hubungan antar karyawan,
misalkan satu karyawan dengan karyawan yang lain jarak lokasinya jauh walaupun
masih dalam satu perusahaan, sehingga kolaborasinya atau kerja samanya akan
menjadi lebih efektif dan efisien serta menghemat waktu kerjanya.
2. Dari pandangan manager
Membantu kinerja manager, manager
bertugas untuk mengawasi kinerja karyawannya, sehingga saat terdapat kendala
(masalah) dalam pekerjaannya, manager bisa langsung membenahi kinerja
karyawannya.
Memperluas jaringan komunikasi
bisnisnya, maksudnya adalah manager itu perlu banyak komunikasi atau kerja sama
denggan manager di divisi yang lain, supaya lebih efektif dan efisien dalam
pengembangan bisnisnya dan melancarkan bisnis di perusahaannya.
saya mau tanya bang !
BalasHapusApabila anda adalah seorang perancang sistim informasi manajemen (SIM) sebuah perusahaan produksi spare part mobil, coba jelaskan langkah-langkah apa yang dibutuhkan untuk merancangnya dan jelaskan kebutuhan SI dan TI apa saja yang diperlukan, berikan gambaran tentang pemodelan sistemnya.
gatau juga
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmakasih kak artikelnya bermanfaat untuk tugas kuliah saya suses selalu kakk
BalasHapuskenalkan saya Deska Endriani dari ISB Atmaluhur
Jika menjadi seorang manager keputusan yang bagaiamana yang akan diambil jika perusahaan terdampak buruk terhadap kejahatan sistem, apakah masih tetap menggunakan sistem tsb?
BalasHapus